Sabtu, 01 Desember 2012

Arah Perkembangan Desain Grafis Indonesia


Proses komunikasi yang terjadi di masyarakat sudah berkembang menjadi semakin kompleks. Tidak hanya melibatkan komunikasi personal saja. Namun juga melibatkan media untuk menyampaikan komunikasi ke khalayak banyak. Karena khalayak dalam satu masyarakat beragam, maka komunikasi pun mengambil bentuk yang beragam pula. Bentuk komunikasi disesuaikan dengan khalayak yang akan dituju. Di sinilah desain grafis mengambil peran. Ia mengemas komunikasi menjadi menarik, mudah dipahami dan agar tujuan komunikasi dapat tercapai.

Perkembangan desain grafis ikut didorong oleh perkembangan media massa dan teknologi. Ia berkembang seiring dengan perkembangan media massa dan teknologi. Karena itu, dapat dikatakan desain grafis telah menjadi bidang yang cukup menjanjikan.
Kesadaran akan pentingnya penerapan desain grafis menjadi wajib untuk dimiliki seluruh masyarakat industri sampai ke lapisan pengusaha industri kecil dan menengah. Kesadaran, pemahaman, dan wawasan desain grafis yang luas mengenai lanskap dan arah perkembangan industri tersebut di negeri sendiri, tentunya akan menumbuhkan ekosistem industri desain yang positif dan berkesinambungan. Dengan harapan, produk desain anak bangsa dapat berjaya di tatanan lokal bahkan menembus pasar internasional. Berangkat dari hal tersebut, Bincang Desain menghadirkan pakar-pakar industri desain ke hadapan publik, untuk membahas arah perkembangan desain grafis di Indonesia.
Secara khusus, target audiens yang dituju untuk forum ini adalah pemerintah, creativepreneur, praktisi desain, investor, media, kalangan intelektual, mahasiswa, serta khususnya komunitas desain grafis yang kini makin berkembang pesat di Indonesia.
Nama-nama seperti Eka Sofyan Rizal yang juga menjabat sebagai Ketua FDGI (Forum Desain Grafis Indonesia) sejak tahun 2006 hingga 2010, diikuti oleh nama Surianto Rustan yang lebih dikenal selain sebagai pengajar di Universitas Pelita Harapan, Jurusan Desain Komunikasi Visual juga turut dikenal oleh para pelaku kreatif desain sebagai seorang penulis. Tidak ketinggalan Co-Founder Cocinero, Nico A. Pranoto serta Benny Fajarai (CEO Kreavi.com) juga turut hadir sebagai pengisi acara bincang desain yang akan diselenggarakan pada 22 November 2012 pukul 13.30 WIB di Galeri Botol, Epicentrum Walk Kuningan Jakarta.

sumber:
http://www.budpar.go.id/budpar/asp/detil.asp?c=16&id=2006

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Popular Posts

Blogger Themes

Copyright © 2012. blog arief - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz